Curhat in Indo :P

Cara kerjanya Tuhan itu ajaib. Dibilang kalo jalanNya Tuhan itu sangat berbeda dgn jalan kita memang bener (semakin deket jalan sama Tuhan smakin ngeh soal ini lebih dr sekedar ayat di alkitab). Pas Juli aku dtg ke Melb, ‘misi’ aku simple: nemenin dd buat dia beradaptasi disini (latihan buat jd housewife jg spt kata tmn2 aku, ukh! :P). Batas waktu sampe Desember aja, hbs itu ya balik lagi ke Indo. Melb ini cuma buat tempat persinggahan aja.

Tp yg ga disangka kok ternyata Tuhan mau aku singgahnya lebih lama lagi yah…?

One by one purpose Tuhan kasih buat aku stay longer disini… Dgn kesimpulan akhir: There’s no way aku balik for good ke Indo Desember ini. Balik buat liburan aja. January balik Melb lagi, ngelanjutin purpose-Nya lagi.

Tuhan itu ajaib yah.

Kebayang deh sebulan ini dipenuhi sama tidur ga nyenyak krn hati gelisah. Yg ada dikit2 takut, dikit2 khawatir. Disuruh begini takut, disuruh begitu ‘masa sih Tuhan? Emangnya aku bisa? Bener ga sih ini dr Engkau?’. Wah rasanya gaenak banget deh! Saking takutnya bisa sampe nangis2, rasanya cape hidup dlm ketakutan. Yg ada iman jd makin digerogoti sama rasa takut ini! (kesian deh si iman….)

Sampe akhirnya minggu lalu ada doa 6 jam di gereja. Disitu Tuhan jamah aku. Rasanya hatiku itu hancur dan aku cuma bisa nangis terus. Bukan  nangisin sesuatu yg sedih, tapi hati ini hancur krn aku ngerasa butuh banget Tuhan lebih lagi dlm hidup aku. I want more of You, God! Soal masa depan yg belum pasti, rencana2 lain yg belun jelas, aku ga peduli – aku cuma mau Tuhan lebih lagi jd bagian dlm hidup aku!

Pas malemnya udah cape banget tuh seharian n bsknya hrs pelayanan pagi2 jadi aku udah siap2 buat bisa tidur yg pulesss banget, gataunya kok jadi ga bisa tidur!!! Rasanya kok nih hati brasa sesek yah, gatau kenapa. Mau baca buku biar ngantuk lagi, rasanya lg ga mood juga. Mau nulis note di fb, rasanya engga juga. Aku brasa itu semua ga bisa ilangin rasa sesek di hati ini. Jadilah aku bangun, berlutut di karpet dan tiba2 nangis, bener2 nangis terus! Air mata ngalir terus n nangisnya tuh yg merengek-rengek gitu! Aku berasa banget hati aku ini hancur, lagi2 perasaan yg sama kaya pas doa di gereja itu. Aku baru ngerasa kalo sptnya yg nangis sampe merengek buat God’s presence lbh lagi dlm hidup aku itu adlh roh aku! My spirit was so brokenhearted by God that night!

Aku keinget satu ayat di Matt 5, “Blessed are the poor in spirit, for theirs is the kingdom of heaven”. Aku berasa roh aku itu miskin banget malam itu!

Tuhan hapus semua rasa ketakutan aku dan ganti sama rasa haus dan lapar akan Dia!

 

Besoknya pas di kebaktian juga aku ga bisa berhenti nangis pas Ko Dan minta utk org2 yg mau didoaiin buat berdiri. Hari itu dia lg khotbah tentang kehadiran Tuhan itu jauh lebih penting daripada kebutuhan2 lainnya di dunia ini. Hidup itu bukan soal makan, minum, pakaian, mobil, rumah, senang2, karir bagus, status terpandang, tubuh kuat dsb. Kita ga harus miliki itu semua baru dibilang hidup!

Yesus bilang di Matt 6:25 hidup itu lebih penting dr makanan dan minuman (hal2 yg kelihatan). Di John 6 Dia bilang kalau roti hidup itu adlh diriNya, kalau kita makan Roti Hidup itu kita akan terus hidup selamanya. Artinya bukan kita jd kanibal makan dagingnya Yesus! Tapi Tuhan pake allegory ‘roti’ utk melambangkan yg bisa memberi energi buat hidup kita sesungguhnya bukan hal2 jasmani, tp hanya Dia sendiri yg kasih kita kepuasan buat roh kita!

Berkat terbesar itu adlh diriNya sendiri, bukan dlm bentuk material.

Ko Dan mau doaiin buat org2 yg mau hatinya berbalik ke jalan yg benar, yg hatinya terlalu dipenuhi sama kekhawatiran akan hal2 duniawi buat bertobat dan berbalik mengejar dan menghargai kehadiran Yesus dlm hidup kita lebih dr segalanya.

Aku ga bisa berhenti nangis bahkan stlh dia selesai doaiin. Hati yg sesek and ‘wanting more of God’ itu lagi2 kerasa. Kalo choir ga harus maju lagi ke panggung rasanya aku msh mau nangis terus and enjoying God’s presence and anointing saat itu terus menerus.

 

Aku sadar aku tuh masih ‘cupu’ banget istilahnya. Ga nyadar punya Tuhan yg guedeee banget kaya Yesus yg megang kendali dlm hidup aku. Buat apa aku khawatirin hal2 yg memang di luar kendali aku?

Aku percaya ini saatnya Tuhan mau bawa aku ke level lebih tinggi dlm soal iman. Tuhan mau aku percaya Dia bisa ngelakuiin lebih dr apa yg udah Dia lakuiin buat aku selama ini, yg aku udah alamin yg lalu2 smua bahkan blm ada apa2nya! Tuhan udah siapin perjalanan iman yg baru, dan aku harus siap dan berani hadapinnya bersama-sama dgn Dia! Tuhan kasih aku keberanian utk melangkah step by step. Meski cuma istilahnya satu meter, kalo itu yg Tuhan bukaiin ya aku harus berani melangkah. Ga harus nunggu sampe aku lihat lima meter ke depan! Aku percaya Tuhan mengerti kapasitas aku.

Aku beriman banget utk sisa 2 bulan di tahun 2009 ini Tuhan udah sediaiin something great yg aku blm pernah alami sblmnya! Now I am ready to embark on this journey with courage and happy heart, semua berkat Dia yg memampukan aku! Tuhan itu baik banget.

 

Minggu lalu kita juga mulai mission kita di Fed Square lagi (aku ceritaiin di entry lainnya yah, pokoknya cara Tuhan nge-lead kita ke jiwa2 yg Dia mau kita jangkau ajaib banget deh). Utk soal buku, selama seminggu sempet tertunda krn ada ortu disini hehehe.. n’ terus aku kok jadi ngerasa apa Tuhan mau ‘perpanjang’ chapter dr buku ini sampe 2010 yah? Tadinya aku udah targetin by Oct udah harus slesai, pokoknya sblm aku for good (tadinya) Desember, nih buku hrs udah selesai dicetak. Tapi kok ternyata lagi2 plannya Tuhan beda? Tuhan sodorin aku plan lainnya utk aku stay longer di Melb. Something yg bener2 di luar dugaan aku banget! Lagi-lagi aku cuma bisa blg Tuhan ajaib. Kalo emang bener ini dr Tuhan pasti Tuhan jg yg lagi-lagi sediaiin caranya, I believe!

Terus, awal Desember nanti aku jg bakal ikutan mission trip ke Nimbin. Itu tuh kota kecil di perbatasan NSW ma QLD. Seneng banget akhirnya mimpi aku buat ikut mission trip dikabulkan meski belum ke daerah2 di indo (pengen banget one day ke Papua). Aku juga yakin this will be a great moment in my faith journey with God! Nimbin ini kota kecil yg penduduknya cm 400-an gitu, country area banget deh. Kota ini tuh penduduknya banyak yg nge-drugs (marijuana dijual bebas disini), free sex (homosexual banyak termasuk festival mardi gras tiap taonnya di kota ini jadi salah satu daya tarik utama buat turis2), pusatnya New Age healing centre jg… Gerejanya cuman ada 2 n’ total jemaat: 9!!!!

Nah trs pas kmrn2 Alni minta aku buat bawaiin firman nanti pas kebaktian minggunya! Ya ampyunnnnn… pas baca sms dia, nih kepala langsung puyeng saking deg2annya! (jantungnya ga kuat jadi lari ke kepala… arggghhh)… Ngebayangin khotbah pake bahasa inggris di depan jemaat yg org bule semua plus udah tua!!! Inggris belepotan begini ukhhh… Tapi lagi2 aku cuma bisa percaya Tuhan pasti siapin aku (dan tentunya aku hrs bener2 latihan dl nih nanti kalo udah dapet bahan buat dikhotbahinnya).

Pokoknya dgn semua yg Tuhan udah sediaiin di hari2 depan ini, I AM SO EXCITED!!!

Aku tau statement yg aku terima di awal tahun ini yg aku tulis di layar BB aku, “God is preparing something bigger for me this year! Nothing’s impossible for Him!” itu akan Tuhan betul2 perlihatkan!

Wowwwww… yg ada stlh nulis ini jd semangattttt!!! Hehehehhee…

Udahan dulu yah.. udah super panjang nih 1,000 words lebih (kaya lg bikin assignment aja hahahhaha)..

Bantu doanya yah teman-teman… Maaf kali ini ga pake inggris nulisnya, lagi pengen ‘nyante’ hohoho (nanti kalo ini dimasukkin ke bukunya baru aku edit to english dan tentunya akan dikoreksi lebih lagi ma ‘editor’-ku hahahaha)

God bless all 🙂

Share your experience in the comments box below :)

